Thursday, August 18, 2011

FIQIH SHOLAT


Oleh : Ustadz Faisal

الصلاة عماد الدين, فمن اقامها فقد اقام الدين ومن هدمها فقد هدم الدين
Sholat itu adalah tiang agama (Islam), maka barangsiapa mendirikannya maka sungguh ia telah mendirikan agama (Islam) itu dan barangsiapa merobohkannya maka sungguh ia telah merobohkan agama (Islam) itu.

Islam sendiri dibangun diatas 5 fondasi atau yang disebut dengan Rukun Islam , yaitu Mengucapkan Syahadat , Menegakkan Sholat , Berpuasa , Membayar Zakat serta naik haji apabila mampu .
Dua hal yang harus dipenuhi apabila ibadah kita diterima Allah , sama dengan yang Allah inginkan . Yaitu :
  1. Tata Cara Ibadahnya ( dalam hal ini Sholat )
  2. Output atau hasil yang diharapkan setelah mengerjakan Sholat
* Tata Cara Sholat ada 4 :
  1. Syarat Sah dan Wajib Sholat
  2. Rukun Sholat
  3. Sunah Sholat
  4. Yang Membatalkan Sholat
Jika poin satu dan dua terpenuhi maka Sholatnya sah , dan bila ditambah dengan poin ke 3 maka Sholat tersebut Sempurna dengan menjauhi hal-hal yang membatalkan Sholat.

Jangan mempermasalahkan hal - hal yang bersifat Furuqiyah ( yang terkait dengan rukun dan sunnah )  ataupun Khilafiyah ( Bukan hal yang bersifat prinsip ) .

Misalnya adalah Sholat subuh yang memakai Do'a Qunut ( Imam Ahmad ) ataupun yang tidak memakai Qunut ( Imam Syafi'i ) . Masing - masing memiliki pemahaman serta prinsip masing - masing .

* Output Sholat
QS. Al Ankabut ayat 45

" Bacalah serta ikutlah (wahai Muhammad) akan apa yang diwahikan kepadamu dari Al-Quran, dan dirikanlah sembahyang (dengan tekun) sesungguhnya sembahyang itu mencegah dari perbuatan yang keji dan mungkar dan sesungguhnya mengingati Allah adalah lebih besar (faedahnya dan kesannya) dan (ingatlah) Allah mengetahui akan apa yang kamu kerjakan"

Tidak mengherankan jika di negeri ini masih banyak maksiat yang merajalela dikarenakan orang - orang banyak yang lalai akan sholatnya  ( Qs. Al Kafirun ayat 4-5 ) . Yang dimaksud lalai disini adalah lalai akan hasil dari yang diharapkan . Sangat Jauh dari hasil yang Allah inginkan dan harapkan.

Contohnya : STMJ ( Sholat Terus Maksiat Jalan ) yaitu orang - orang yang mendirikan sholat tapi berdusta , korupsi , dan sebagainya . Apakah itu yang Allah harapkan dari output sholat ? 

Sholat pun dapat membentuk kepribadian baik bacaan maupun gerakannya . Seperti contoh bacaan Takbiratul Ihram yaitu Allahu Akbar .Disitu kita dapat merenungi bagaimana makna dari Allahu Akbar. Allah yang Maha Besar yang membuat kita akan terus mengingatnya saat kita ada masalah dan tidak berputus asa menghadapi masalah tersebut .

Serta saat kita senang juga masih terus ingat pada Allah karena bisa jadi kesenangan tersebut adalah salah satu bentuk ujian yang Allah berikan pada kita .

Ingatlah akan hasil yang diharapkan dari Sholat dan ingat bahwa amalan kita yang pertama kali akan dinilai diakhirat adalah Sholat kita .

" Barangsiapa baik sholatnya maka baik pula amalannya yang lain . Dan barangsiapa yang buruk sholatnya maka rusaklah semua amalannya "


Semoga bermanfaat
Wallahu 'alam bish showab .

0 comments:

Post a Comment

Exclusive's Muslimah Center Copyright © 2009
Scrapbook Mania theme designed by Simply WP and Free Bingo
Converted by Blogger Template Template