Wednesday, August 17, 2011

10 Pohon Ibadah di Bulan Ramadhan

Tarhib Ramadhan@Rumah Ust. Hilman Rosyad
“Bagaimana mengoptimalkan ibadah di bulan Ramadhan dan lulus sebagai muttaqin”
Sabtu, 16 Juli 2011

Sebenarnya, ibadah dan makan itu ga connect, yang connect itu adalah ibadah dan lapar. Coba bayangkan kalau kita sholat abis makan...
Yang harus dijadikan target ibadah di bulan Ramadhan itu adalah selain puasa karena it’s easy to berbuka di bulan Ramadhan.. kalau lagi hamil, Ust. Hilman menganjurkan untuk tidak puasa, jika dalam perjalanan.
Then, apa sih istimewanya bulan Ramadhan? Ramadhan itu ibarat tanah yang subur. Jika kita ingin memanen buah yang lebat, maka tanamlah pohon sebanyak-banyaknya dan rawatlah ia dengan baik.

Ada 10 pohon ibadah yang bisa kita tanam di bulan Ramadhan:
  1. Sahur
Inti dari sahur bukanlah makan, tapi terjaga di sepertiga malam. Ada hadis yang menyebutkan bahwa bangunlah, karena pada saat itu Allah akan memberikan keberkahan. Keberkahan apa maksudnya? Kalau bangun kan jadi bisa makan, bisa tilawah, bisa shalat, dzikir, dll.

2. Berbuka
Sunnahnya adalah menyegerakan berbuka sesuai jadwal imsakiyah, bukan berdasarkan radio atau adzan. Rasulullah terbiasa berbuka dengan makan 3 butir kurma dan minum air bening, kemudian shalat maghrib, tilawah dan dzikir sambil menunggu waktu isya, shalat isya, qiyamul lail, kemudian tidur. Subhanalloh ya, ga makan lagi tuh? Ya begitulah, makanya ga ada cerita kalau susah bangun sahur karena pasti bangun karena lapar kan, hehe... Ust. Hilman mengakui gimana kebiasaan kita, intinya jangan berlebihan lah kalau makan...

3. Qiyamul lail (QL)
Qiyamul lail itu adalah kembarannya puasa, karena siangnya puasa, malamnya qiyamul lail. QL itu sendiri adalah rangkaian shalat sunnah sejak ba’da isya sampai jelang waktu shubuh, dengan 2 rakaat demi 2 rakaat, jumlahnya ganjil. Inti dari QL itu adalah lama & khusyu. Lama karena bacaannya panjang. Pahalamu itu sesuai kelelahanmu. Lama qiyam (berdirinya) Rasulullah saw itu sama dengan lama ruku dan sama dengan lama sujudnya, subhanallah.. kalau kita belum hafal surat yang panjang-panjang, shalatnya sambil baca juga gpp lho... sedangkan yang dimaksud dengan tarawih itu adalah shalat diselingi dengan istirahat.

4. Tilawah
Tilawah setiap 1 huruf itu dibalas dengan 10 kebaikan. Sedangkan yang dimaksud dengan tadarus adalah membaca dan menyimak. Intinya, kita harus perbanyak tilawah dari biasanya, kenapa? Ya karena ini bulan Ramadhan..

5. Dzikir dan doa
Apa yang kita lakukan menjelang berbuka? Ternyata, menjelang berbuka adalah saat-saat istimewa untuk berdoa lho.. coba dibikin list doa aja: doa untuk pribadi, orang tua, teman-teman, umat Islam, dll.
Kalau kita udah menanam pohon-pohon ibadah yang disebut di atas pasti kita capek, maka kita akan bertanya apakah ibadah-ibadah kita itu diterima, maka kita berdoa. Berdoa hanya dilakukan oleh orang-orang yang berbuat!
Puasa itu kan mengurangi unsur bumi, kita ga makan, ga minum, sehingga mendekatkan kita dengan unsur langit, jadi saat puasa adalah saat kita semakin dekat dengan Alloh.

6. Zakat, infak, shodaqoh (ZIS)
Rasulullah SAW itu menjadi orang yang paling dermawan di bulan Ramadhan. Gimana caranya? Kalau kita menanam pohon-pohon ibadah ini, maka otomatis pengeluaran kita akan turun, saving jadi banyak kan, jadi ZIS-nya juga bisa banyak..

7. Memperbanyak amal shalih dan ibadah-ibadah sunnah

8. Meninggalkan perkara-perkara mubah (boleh) yang tidak bermanfaat, apalagi yang makruh dan haram

9. I’tikaf
Yang dimaksud i’tikaf adalah berdiam diri di mesjid dengan niat ibadah. Nilai ibadahnya itu adalah kedatangan kita untuk berdiam diri di mesjid itu, karena untuk komitmen datang ke mesjid itu sulit kan...

10. Mencari malam lailatul qadr
Perintahnya adalah mencari malam lailatul qadr, bukan mendapatkan. Dengan mencari, maka insya Allah kita akan mendapatkan. Mencari dengan tidak tidur, taat, dan tidak berbuat dosa. Pilihan yang mau dilakukan itu beragam terserah kita, misal mau sholat, tilawah, dzikir, diskusi, dll. Waktu mencarinya adalah setelah isya sampai fajar di 10 malam terakhir Ramadhan dan tidak harus di mesjid.

0 comments:

Post a Comment

Exclusive's Muslimah Center Copyright © 2009
Scrapbook Mania theme designed by Simply WP and Free Bingo
Converted by Blogger Template Template