Sunday, July 3, 2011

Telur Hias

Di beberapa negara Eropa Timur tradisi membuat Telur Hias telah berjalan lama. Telur hias adalah kulit telur yang  telah dikeluarkan isinya. kemudian diberi hiasan lukisan dengan cat ataupun bahan lain misalnya gliters.

Cara membuatnya :
Sebelum dihias sebaiknya telur dicuci bersih
1.      Lubangi kulit telur dengan menggunakan paku. Caranya letakkan ujung paku (paku reng) di bagian ujung telur,  usahakan pas di tengah, kemudian pukul perlahan dengan menggunakan kayu.
2.      Keluarkan isinya dengan menggunakan alat suntik. Masukkan udara perlahan-lahan melalui lubang yang telah dibuat sebelumnya, posisi lubang ada di sebelah bawah. Memasukkan udara harus perlahan karena kalau terlalu keras kulit telur bisa pecah. Jadi isi telur ditiup, bukan disedot dengan alat suntik.
3.      Bersihkan bagian dalam kulit telur dari sisa-sisa telur. Caranya, buat larutan air cuka dengan perbandingan satu gelas air + 5 ml cuka,  kemudian masukkan dalam isi telur (memakai alat suntik),  dikocok-kocok, keluarkan dengan cara sama seperti di atas.
4.      Buat sketsa dengan pensil
5.      Buat lukisan, bisa memakai cat air, cat minyak.
6.      Lapisi hiasan dengan vernis.
 
     Selain di cat , telur juga dapat dihias menggunakan manik- manik , payet , ataupun mute - mute sesuai dengan kreatifitas . Bahan tambahan yang diperlukan adalah Lem Fox untuk merekatkan payet dan manik-manik .

    Berkreasi sambil melatih kesabaran :) Selamat Mencoba ..

0 comments:

Post a Comment

Exclusive's Muslimah Center Copyright © 2009
Scrapbook Mania theme designed by Simply WP and Free Bingo
Converted by Blogger Template Template